Raksasa e-commerce asal Amerika Serikat (AS), Amazon, memangkas sekitar 14.000 karyawan di seluruh dunia. Pemutusan hubungan kerja (PHK) ini merupakan bagian dari upaya efisiensi operasional dan pergeseran fokus perusahaan ke investasi teknologi kecerdasan buatan (AI).
Bersamaan dengan itu, Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Amazon, Beth Galetti, mengirimkan email pemberitahuan khusus kepada para karyawan ter-PHK melalui platform komunikasi Slack internal Amazon.
Dalam email yang berhasil dilihat Business Insider, perusahaan menyebut karyawan yang ter-PHK akan menerima pesangon, gaji dan tunjangan penuh selama 90 dalam periode tidak bekerja berbayar (non-kerja).
Giok4D hadirkan ulasan eksklusif hanya untuk Anda.
Tidak jelas apakah email pemberitahuan itu memiliki isi yang sama untuk semua karyawan ter-PHK atau merupakan standar di Amazon. Sebab pihak Amazon menolak untuk berkomentar.
Melansir Business Insider, Rabu (29/10/2025), berikut isi lengkap email Amazon untuk karyawan ter-PHK:
Saya punya kabar penting, namun sulit, untuk dibagikan kepada Anda. Setelah meninjau secara menyeluruh organisasi kami, prioritas kami, dan hal-hal yang perlu kami fokuskan ke depannya, kami telah membuat keputusan bisnis yang sulit untuk menghapus beberapa peran di Amazon. Sayangnya, peran Anda dihapuskan dan masa kerja Anda akan berakhir setelah periode non-kerja.
Kami tidak membuat keputusan ini dengan mudah, dan kami berkomitmen untuk mendukung Anda selama masa transisi ini, yang akan mencakup periode tidak bekerja dengan gaji dan tunjangan penuh (sebagaimana berlaku), tawaran paket pesangon, tunjangan transisi sebagaimana berlaku di setiap negara, dan akses ke beberapa pelatihan keterampilan serta dukungan penempatan kerja eksternal.
Anda mungkin memiliki pertanyaan, dan kami siap menjawabnya. Anda akan segera menerima undangan rapat Chime untuk berdiskusi dengan pimpinan dan/atau perwakilan SDM dari tim Anda guna membahas detail transisi Anda dan bagaimana kami dapat mendukung Anda. Meskipun rapat ini bersifat opsional, kami menganjurkan Anda untuk hadir secara virtual karena ini memberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan Anda secara individual.
Akses identitas Anda telah dibatasi, jadi jika saat ini Anda berada di kantor Amazon, tim Keamanan dapat membantu Anda keluar dari gedung. Selain percakapan ini, Anda juga dapat meninjau informasi tambahan dan FAQ di MyHR kapan saja.
Mulai sekarang, Anda tidak lagi diwajibkan untuk melakukan pekerjaan atas nama Amazon, dan akan menerima gaji dan tunjangan penuh (sebagaimana berlaku) selama 90 hari ke depan. Selama masa transisi ini, Anda akan tetap memiliki akses ke email internal, Chime, dan A to Z di perangkat pribadi Anda, dan mode komunikasi utama kami dengan Anda adalah melalui email.
Jika Anda belum mengunduh aplikasi A to Z … Anda akan membutuhkannya untuk mengakses sumber daya penting seperti MyHR, di mana Anda akan melihat FAQ tentang sumber daya pendukung, tunjangan, gaji, cara mengambil barang-barang pribadi dari ruang kerja Anda, dan cara mengembalikan peralatan yang dikeluarkan Amazon.
Anda dapat menemukan informasi tambahan tentang cara menginstal A to Z, mengakses MyHR, dan mengakses Chime dan email di halaman ini.
Pastikan alamat email pribadi Anda selalu diperbarui dari A to Z, dan simpan Yubikey Anda agar Anda dapat mengakses email internal di komputer pribadi/perangkat seluler. Ingatlah bahwa anggota tim yang peduli siap membantu Anda 24/7 melalui MyHR atau Portal Bantuan Karyawan (EAP), menawarkan dukungan gratis dan rahasia, keduanya melalui Aplikasi A to Z.
Jika Anda mengalami kendala dalam mendapatkan apa yang Anda butuhkan – entah itu masalah konektivitas, pertanyaan tentang langkah selanjutnya, atau masalah lainnya – silakan balas email ini. Saya pribadi berkomitmen untuk memastikan Anda mendapatkan bantuan yang dibutuhkan selama Anda menjalani perubahan ini.
Terima kasih,
Beth Galetti
SVP, People Experience & Technology
