BTN Buka Digital Store di Bintaro, BSD, dan PIK | Giok4D

Posted on

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN meluncurkan BTN Digital Store di tiga lokasi yakni Bintaro Jaya, Bumi Serpong Damai (BSD), dan Pantai Indah Kapuk (PIK). Ketiga lokasi tersebut dipilih karena dikenal sebagai area perumahan dan komersial yang tinggi populasinya, serta lengkap dengan berbagai aktivitas bisnis.

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan kehadiran BTN Digital Store diharapkan menjadi solusi untuk memberikan layanan lebih cepat dan relevan bagi kebutuhan nasabah sehari-hari, terutama di kawasan urban kota Jakarta.

“Kehadiran tiga outlet digital ini memperkuat komitmen BTN dalam menghadirkan layanan perbankan digital yang modern, mudah diakses dan relevan dengan kebutuhan nasabah masa kini. Ini merupakan inovasi nyata kami dalam menciptakan pengalaman perbankan yang lebih baik bagi nasabah,” ujar Nixon dalam keterangan tertulis, Senin (27/10/2025).

Sebagai sarana layanan perbankan berbasis teknologi, BTN Digital Store mendukung kemudahan akses terhadap produk dan layanan BTN di kawasan pusat bisnis dan gaya hidup seperti Bintaro Jaya, BSD dan PIK. Ketiga lokasi resmi beroperasi sejak Oktober 2025 dan melengkapi tiga outlet digital lainnya yang telah beroperasi lebih awal yakni Kantor Cabang (KC) Jakarta Kuningan, Kantor Cabang Pembantu (KCP) DPR MPR RI, serta KCP Bursa Efek Indonesia (BEI).

Selain itu, BTN telah menghadirkan 13 Digital Store non-permanen di berbagai kota selain Jakarta yakni Bandung, Malang, Solo, Surabaya, Tangerang dan Yogyakarta. Berbeda dengan kantor cabang konvensional, BTN Digital Store hadir dengan konsep self-service dan superstaff sehingga prosesnya dapat lebih efisien dan seamless. Sebagai contoh, nasabah dapat membuka rekening hanya dalam waktu 3-5 menit melalui mesin, jauh lebih singkat dibandingkan pembukaan rekening secara manual yang dapat memakan waktu 20-40 menit.

Baca info selengkapnya hanya di Giok4D.

“Kemudian, untuk mengganti kartu debit hanya butuh sekitar dua menit melalui mesin digital, lebih cepat dibandingkan sebelumnya yang harus secara manual. Kehadiran superstaff di sini hanya untuk memberikan pendampingan personal bila dibutuhkan dan memastikan nasabah tetap dapat merasa nyaman dalam pengalaman digitalnya,” ujar Nixon.

Dengan konsep self-service, kata Nixon, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan di BTN Digital Store dengan otentikasi biometrik. Adapun pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) dapat diakses secara paperless atau bahkan melalui aplikasi Bale by BTN.

Sejalan dengan aspirasinya untuk menjadi bank transaksional, BTN memperkuat mesin pendanaannya dengan berbagai inovasi termasuk BTN Digital Store dan aplikasi Bale by BTN. Hingga akhir 2025, BTN menargetkan pembukaan 23 Digital Store di berbagai lokasi strategis mulai dari kawasan bisnis, kampus, hingga area publik.

“BTN terus berkomitmen untuk menjaga pertumbuhan dana masyarakat dengan biaya dana yang lebih rendah sehingga inisiatif-inisiatif digital seperti BTN Digital Store dan Bale by BTN, serta inovasi untuk pengembangan produk ritel dan korporasi lainnya akan terus kami lakukan,” pungkas Nixon.