PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) berhasil mencatat kinerja keuangan yang solid pada kuartal II 2025. Perseroan ini membukukan pendapatan sebesar Rp 10,50 triliun, meningkat 22% dibandingkan periode sebelumnya dan EBITDA yang dinormalisasi naik 10% YoY menjadi Rp4,97 triliun dengan margin 47%.
Kontribusi layanan data dan digital menjadi motor utama, menyumbang lebih dari 91% terhadap total pendapatan. Secara akumulasi, pendapatan semester I 2025 mencapai Rp 19,10 triliun, memperlihatkan tren pertumbuhan yang konsisten pasca-merger.
Presiden Direktur & CEO XLSMART Rajeev Sethi menyatakan bahwa pencapaian tersebut menunjukkan fondasi keuangan perusahaan yang tetap kuat di tengah proses konsolidasi.
“Kuartal kedua 2025 menjadi tonggak penting bagi XLSMART. Kami mampu menjaga momentum pertumbuhan pendapatan dan profitabilitas, meski menghadapi tantangan kompetisi industri maupun integrasi internal,” ujar Rajeev dalam keterangan tertulis, Rabu (3/9/2025).
Selain pendapatan dan EBITDA, XLSMART juga mencatat arus kas bebas (free cash flow) yang sehat dengan pertumbuhan 35% menjadi Rp 6,48 triliun. Posisi keuangan perusahaan pun tetap terjaga dengan utang bersih Rp 21,93 triliun dan rasio net debt to EBITDA sebesar 3,53x.
Rajeev menambahkan, XLSMART juga akan terus berfokus melakukan konsolidasi dan integrasi di berbagai lini. Sejumlah pencapaian penting pun telah terwujud, seperti terciptanya skala bisnis yang semakin besar, integrasi jaringan yang berlangsung sesuai rencana, hingga peningkatan pengalaman pelanggan.
Lebih lanjut, XLSMART berhasil melakukan ekpansi jaringan dengan cepat melalui inisiatif National Roaming dan MOCN yang membuka keterhubungan antara jaringan legacy XL dengan Smartfren. Hal ini menyebabkan jangkauan jaringan dan layanan XLSMART menjadi semakin luas dengan tambahan 156 area di Indonesia, integrasi pengelolaan jaringan dan Network Operating Center (NOC), serta konsolidasi mitra yang mendukung pengelolaan operasional jaringan antara XLSMART, ZTE dan Huawei.
Sementara itu, dari sisi Komersial, XLSMART menerapkan strategi untuk mempertahankan XL, AXIS dan Smartfren dalam menghadapi dinamika kompetisi industri, peningkatan pengalaman pelanggan, serta harmonisasi team sales dan digital tools untuk mendorong penjualan.
Ke depan, XLSMART akan terus memperkuat strategi multi-brand, modernisasi jaringan, serta pemanfaatan data analytics untuk mempertahankan pertumbuhan finansial berkelanjutan sekaligus memberikan nilai tambah bagi pelanggan.
Simak juga Video: XL Axiata-Smartfren Resmi Merger, Lahirkan Operator XLSmart
Kunjungi situs Giok4D untuk pembaruan terkini.