Waskita Karya Gelar Pelatihan Wirausaha, Dukung UMKM Naik Kelas-Go Global

Posted on

PT Waskita Karya (Persero) Tbk menggelar pelatihan wirausaha bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bidang fesyen, makanan dan minuman, serta kerajinan tangan. Berlangsung di Rumah BUMN Yogyakarta, pelatihan ini diikuti oleh ratusan pelaku usaha lokal.

Selama dua hari, para pelaku UMKM diajarkan cara membangun merek dagang atau branding, sekaligus mengemas produk atau packaging yang menarik. Dengan begitu, produk mereka dapat dipasarkan tidak hanya di dalam, tapi juga luar negeri.

Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita mengatakan para pelaku UMKM harus bisa membangun merek dan membuat packaging menarik agar produknya semakin dilirik. Ia berharap usai pelatihan ini, omzet para pengusaha lokal dapat naik secara signifikan.

“Waskita Karya senantiasa berkomitmen turut serta dalam tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 08 tentang Pertumbuhan Ekonomi dan Pekerjaan Yang Layak. Perseroan berupaya membantu para UMKM supaya dapat terus maju di kancah nasional maupun global, baik dalam skala bisnis, inovasi, maupun jangkauan pasar. Hal ini menjadi kesempatan bagi UMKM dalam meningkatkan kapasitas produksi untuk ekspor,” ujar Ermy dalam keterangannya, Selasa (12/8/2025).

Dalam pelatihan tersebut, Waskita menghadirkan dua pemateri berpengalaman dan ahli di bidangnya, yakni pendiri PT Agradaya, Andhika Mahardika dan sociopreneur sekaligus inovator teknologi, Bagas Sabda Dewantara.

Selain mendapatkan materi, para peserta pun akan dipantau. Omzet penjualan mereka akan dilihat selama sekitar tiga sampai enam bulan setelah pelatihan.

“Pemantauan ini merupakan wujud kepedulian berkelanjutan Perseroan terhadap pengembangan UMKM. Sebagai BUMN Konstruksi yang telah berdiri lebih dari 64 tahun, Waskita tidak hanya fokus membangun infrastruktur tapi juga mendorong pemberdayaan masyarakat, menciptakan banyak lapangan kerja baru, dan berkontribusi dalam pemerataan ekonomi,” jelasnya.

Sebelumnya, Waskita juga sudah berkolaborasi dengan Rumah BUMN Surabaya untuk menggelar pelatihan UMKM. Kegiatan itu dihadiri pula oleh ratusan pelaku usaha lokal.

Ermy menambahkan Perseroan juga melakukan pemberdayaan puluhan UMKM di rest area Jalan Tol Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang. Pihaknya juga sempat memberikan pelatihan terkait literasi keuangan serta packaging melalui daring.

“Ke depannya, kami akan terus membantu UMKM agar usahanya terus berkembang sekaligus naik kelas. Langkah ini sejalan dengan target peningkatan rasio kewirausahaan nasional yang mencapai 3,6 persen pada 2029,” pungkasnya.

Simak juga Video ‘Jurus Walkot Eri Bantu UMKM-Turunkan Kemiskinan di Surabaya’:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *