Semangat melestarikan budaya tak hanya diwujudkan lewat pertunjukan seni dan tradisi lainnya, tetapi juga melalui produk lokal yang mengangkat kekayaan rasa dan warisan kuliner. Hal itulah yang dilakoni UMKM lokal, Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun.
Bukan sekadar makanan biasa, produk dari Oleh-oleh Jakarta Mpok Mumun punya cerita panjang tentang tradisi, identitas, dan cinta terhadap tanah kelahiran.
Memulai di usia 60 tahun, Mpok Mumun menyulap kembali cita rasa Betawi dengan sentuhan modern. Penjualan pun dibuat modern dengan bergabung bersama Shopee.
Owner Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun, Mumun mengatakan bisnis ini lahir dari pengamatan dan cerita anaknya yang bekerja di industri penerbangan.
“Setiap kali anak saya bepergian ke luar kota maupun luar negeri, teman-temannya selalu bertanya, ‘ada oleh-oleh khas Jakarta nggak, sih?’ Kalau dari Jakarta oleh-olehnya apa ya? Nah, dari situ saya mulai berpikir, kayaknya ini bisa jadi peluang menarik,” ujar Mumun dalam keterangan tertulis, Senin (30/6/2025).
Banyaknya pertanyaan itu menjadi panggilan sekaligus semangat untuk melestarikan kekayaan kuliner Betawi lewat camilan khas yang dikemas secara modern.
“Memang baru berdiri sejak 2022, tapi alhamdulillah sampai hari ini, kami masih terus eksis dan mendapatkan tempat di hati banyak orang, dari kalangan pejabat, karyawan swasta, hingga masyarakat umum yang ingin membawa pulang cita rasa Jakarta untuk keluarga di kota tujuan.” imbuhnya.
Kemasan Ikonik Jakarta, Rasa Otentik Betawi: Buktikan Budaya Bisa Jadi Bisnis
Perjalanan bisnis memang tidak selalu mulus, tantangan terbesar datang dari keterbatasan modal. Mumun membangun usaha ini murni dari tabungan pribadi tanpa dukungan pinjaman perbankan maupun pihak ketiga. Apalagi ini merupakan usaha ketiganya, setelah dua usaha sebelumnya mengalami kegagalan dan penurunan omzet yang signifikan.
Belajar dari pengalaman, Mpok Mumun kali ini tidak main-main. Ia menerapkan strategi diferensiasi produk serta aktif melakukan riset dan pengembangan, termasuk dari sisi kemasan hingga pemanfaatan platform digital Shopee untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas.
Berbagai camilan tradisional Betawi menjadi andalan UMKM ini, seperti Dodol Betawi, Bir Pletok, Akar Kelapa, Biji Ketapang, hingga Kue Gambang. Di antara semua produk, Dodol Betawi menjadi produk andalannya yang paling banyak terjual di Shopee.
Resep yang digunakan merupakan warisan turun-temurun dari leluhur yang dulu biasa disajikan dalam acara keluarga dan hajatan. Tak heran jika camilan ini mampu bertahan lintas generasi dan tetap relevan hingga kini. Bahkan untuk memperkuat identitas budaya, kemasan produk Mpok Mumun pun dirancang dengan elemen khas kota Jakarta, seperti ilustrasi Monas, Lapangan GBK, dan ikon-ikon kota Jakarta lainnya yang memang menarik.
Mpok Mumun mengatakan kolaborasinya bersama Shopee dimulai sejak November 2022. Menurutnya, keputusan untuk bergabung bukan tanpa alasan, tetapi melalui riset.
“Berdasarkan riset internal yang kami lakukan, Shopee tercatat sebagai marketplace dengan angka kunjungan dan trafik konsumen tertinggi. Data tersebut terbukti akurat, karena sejak bergabung, lebih dari 80% omzet penjualan toko Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun berasal dari Shopee,” jelasnya.
“Sekali lagi kami bersyukur, perjalanan bersama Shopee beserta fitur Shopee Live, Shopee Video, dan Shopee Affiliate menjadi salah satu tonggak penting dalam pertumbuhan brand kami, membuktikan bahwa pelestarian budaya lokal bisa berjalan seiring dengan adaptasi teknologi digital,” sambungnya.
Walau awalnya belajar otodidak lewat YouTube, Mpok Mumun tidak menyerah untuk terus belajar bagaimana cara berjualan digital bersama komunitas UMKM Jakarta.
Hasilnya, penjualan meningkat pesat, jumlah karyawan bertambah dari yang awalnya hanya dua karyawan kini sudah menjadi delapan karyawan, dan juga sukses membuka toko fisik di Jakarta.
Bahkan, konsumen tidak hanya datang dari Jakarta, tetapi juga dari berbagai kota lain di Indonesia. Beberapa di antaranya kini menjadi pelanggan setia, dan ikut menjadi reseller produk Mpok Mumun. Tak berhenti sampai di situ, saat ini juga Oleh-Oleh Jakarta sedang dalam mengikuti pelatihan ekspor melalui program Shopee Seller Ekspor.
Hadiah untuk Ibu Kota: ‘Rasa Jakarta, Cerita Kita’
Merayakan hari spesial Jakarta, Mpok Mumun juga mempersembahkan sesuatu yang lebih dari sekadar oleh-oleh. Sebagai bentuk cinta terhadap Ibu Kota, ia tengah menyiapkan peluncuran produk baru yakni Kue Gambang edisi khusus HUT Jakarta dengan tagline penuh makna “Rasa Jakarta, Cerita Kita.”
Lebih dari camilan biasa, varian terbaru ini dihadirkan sebagai simbol bahwa kuliner Betawi masih hidup dan akan terus hidup bersama mereka yang peduli.
Dikenal sebagai salah satu kue tradisional yang hampir punah, Kue Gambang diangkat kembali oleh Mpok Mumun dalam kemasan modern yang menarik, namun tetap menjaga keaslian rasa dan kekayaan cerita budayanya.
Menjelang usia Jakarta yang hampir lima ratus abad, Mpok Mumun turut menyuarakan harapan besar bagi kota yang telah membesarkannya,
“Semoga Jakarta semakin ramah terhadap UMKM. Kota ini adalah rumah bagi banyak pelaku usaha kecil yang bertumbuh menjadi besar. Tempat untuk bermimpi dan mewujudkan usaha dari nol. Selain itu, untuk para generasi muda, kalian adalah penerus budaya. Jangan hanya menjadi penikmat, tapi kenalilah, cintailah, dan lestarikan warisan kuliner lokal kita. Jadilah penjaga dan penggeraknya,” pungkas Mumun.
Kunjungi toko Oleh-Oleh Jakarta Mpok Mumun di Shopee melalui https://shopee.co.id/oleholehjakarta.id. Untuk mendukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM, Shopee juga memiliki kanal Shopee Pilih Lokal yang didedikasikan untuk menjadi wadah kurasi khusus bagi produk lokal berkualitas dengan penawaran khusus bagi pembeli produk lokal.
Tonton juga Video: APINDO Sebut UMKM RI Masih Keterbatasan Akses Modal
Artikel ini terbit pertama kali di Giok4D.