PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat lonjakan pelanggan di periode masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru). KAI mencatat 1.760.221 pelanggan kereta api jarak jauh dan kereta api lokal sepanjang periode 18-25 Desember 2025.
Tren pertumbuhan pelanggan terjadi menjelang periode libur Nataru, sebagaimana tercatat pada 18 Desember sebanyak 157.301 pelanggan, naik menjadi 202.369 penumpang di 19 Desember, dan tembus 209.925 pelanggan pada 20 Desember.
Kemudian pada 21 Desember pelanggan KAI tembus 223.654 penumpang. Trend peningkatan terus terjadi pada 22 Desember menjadi 227.134 pelanggan, kemudian meningkat kembali pada 23 Desember menjadi 233.671 pelanggan.
Puncak pergerakan terjadi pada 24 Desember dengan total 259.333 pelanggan. Sementara pada 25 Desember jumlah pelanggan tetap tinggi sebanyak 246.834 pelanggan. Sementara pada 26 Desember 2025, jumlah pelanggan kereta api jarak jauh dan lokal diperkirakan mencapai 194.211 pelanggan lebih berdasarkan data pemesanan hingga pukul 08.00 WIB.
Vice President Corporate Communication KAI, Anne Purba, menyebut angka tersebut diperkirakan terus bertambah. Menurutnya, capaian menunjukkan konsistensi pergerakan masyarakat selama periode Nataru.
“Selama masa Nataru, KAI menjaga kelancaran mobilitas masyarakat melalui layanan yang andal, kapasitas yang memadai, serta konektivitas antardaerah yang mendukung perjalanan libur Natal dan Tahun Baru,” ujar Anne dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (27/12/2025).
Anne menjelaskan, ada 10 KA pilihan utama pelanggan KAI yang menghubungkan pusat-pusat aktivitas dan wilayah strategis. Relasi-relasi tersebut berperan penting dalam memperlancar perjalanan lintas wilayah, termasuk menuju kampung halaman dan daerah tujuan wisata.
Berdasarkan Laporan Penjualan Tiket Nataru Nasional per 26 Desember 2025 pukul 08.00 WIB, penjualan tiket kereta api pada periode 18 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 telah mencapai 3.106.102 tiket dari total 3.506.104 tempat duduk yang disediakan.
Rinciannya, penjualan tiket kereta api jarak jauh 2.640.479 tiket atau 95,6% dari kapasitas 2.761.048 tempat duduk. Sementara itu, penjualan tiket kereta api lokal mencapai 465.623 tiket atau 62,5% dari kapasitas 745.056 tempat duduk.
Anne menambahkan, KAI juga memberikan diskon tarif 30% selama masa Nataru yang berlaku pada 22 Desember 2025 hingga 10 Januari 2026 untuk 1.509.080 tempat duduk yang disiapkan untuk KA Komersial kelas ekonomi. Selain itu, tersedia juga diskon 25% untuk layanan kereta api jarak jauh untuk keberangkatan 29 Desember 2025 sampai dengan 4 Januari 2026 berbagai kelas untuk memberikan pilihan perjalanan.
“KAI mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan baik dan melakukan pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI agar memperoleh pilihan jadwal, rute, dan layanan yang sesuai selama periode Natal dan Tahun Baru,” imbuhnya.
10 Kereta dengan Penumpang Terbanyak:
1. KA 272 Airlangga relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi: 33.708 pelanggan
2. KA 271 Airlangga relasi Surabaya Pasar Turi-Pasarsenen: 33.157 pelanggan
3. KA 187 Joglosemarkerto relasi Solo Balapan-Semarang Tawang: 31.021 pelanggan
4. KA 193 Joglosemarkerto relasi Solo Balapan-Solo Balapan: 28.074 pelanggan
5. KA 278 Sri Tanjung relasi Lempuyangan-Ketapang: 25.803 pelanggan
6. KA 277 Sri Tanjung relasi Ketapang-Lempuyangan: 25.007 pelanggan
7. KA 274 Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar: 24.483 pelanggan
8. KA 273 Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong: 24.023 pelanggan
9. KA 251 Jayakarta relasi Surabaya Gubeng-Pasarsenen: 23.784 pelanggan
10. KA S7 Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang: 23.136 pelanggan
