Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggeber ekspor produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lewat gelaran ASEAN Online Sale Day (AOSD) 2025. Acara ini digelar dalam menyambut hari ulang tahun ASEAN pada 8 Agustus 2025.
Menteri Perdagangan Budi Santoso mengatakan, acara ini digelar dari tanggal 8 sampai dengan 10 Agustus 2025. Selain diskon, acara ini juga didukung dengan pelaksanaan sharing session bersama para pelaku UMKM.
“Jadi kita melepas ekspor (UMKM) yang difasilitasi oleh Shopee. Tidak hanya di negara ASEAN ya, tapi di negara-negara lain, Asia Selatan dan sebagainya. Ini saya pikir sejalan dengan program UMKM Bisa Ekspor,” kata Budi dalam acara Kick-Off ASEAN Online Sale Day di Kantor Kemendag, Jakarta, Kamis (7/8/2025).
Adapun program UMKM Bisa Ekspor sendiri saat ini telah memfasilitasi 700 UMKM dengan total transaksi US$ 90,04 juta atau setara Rp 1,4 triliun.
Budi mengatakan, melalui platform Shopee saja total ada sebanyak 60 juta produk UMKM yang berhasil terjual sejak tahun 2019. Dengan gelaran AOSD 2025 ini harapannya akan semakin banyak produk UMKM yang terjual di pasar internasional.
Sementara itu, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional (PPI), Djatmiko Bris Witjaksono, mengatakan kegiatan AOSD ini telah beberapa tahun dilaksanakan. Kegiatan ini melibatkan UMKM nasional, tetapi tidak hanya di Indonesia dan juga seluruh negara-negara di Asean.
“Tujuannya untuk tentunya menggerakkan perekonomian nasional dan perekonomian di kawasan ASEAN. Dan tentunya kita juga berharap partisipasi dari para konsumen di Indonesia,” ujar Djatmiko.
Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi menambahkan, Shopee telah menjalankan program ekspor sejak tahun 2019 silam. Sistemnya pun sederhana, ketika ada orderan dari luar negeri, paket bisa langsung dikirimkan penjual ke gudang Shopee untuk selanjutnya diproses.
“Cukup di-pick pack lalu di-ship ke gudang Shopee, selanjutnya akan kami lanjutkan prosesnya. Jadi ini benar-benar seperti ada orderan dari lokal,” kata Daniel.
Ekspor ke Asia hingga Amerika Latin
Selama periode semester I 2025, Shopee mencatat telah berhasil mengekspor lebih dari 10 juta produk ke mancanegara. Negara-negara tujuan ekspor beragam, mulai dari Asia Tenggara, Asia Timur, hingga Amerika Latin.
“Ada beberapa produk-produk unggulan seperti fashion, kita juga melihat perlengkapan rumah, maupun juga keperluan olahraga. Dan kita lihat destinasi ekspornya memang beragam tapi secara yang paling populer kita lihat ada di Malaysia, Singapura, maupun juga Filipina,” paparnya.
Daniel berharap, kehadiran program AOSD ini bisa membantu meningkatkan penjualan yang lebih baik lagi untuk produk-produk UMKM. Namun ia mengingatkan, program ini dititikberatkan kepada kemandirian para local seller dan UMKM yang juga terus mendapatkan pendampingan. pemerintah