PT Daya Intiguna Yasa Tbk (Perseroan) atau MR.D.I.Y. Indonesia menunjukan pertumbuhan pesat. Selama kuartal III 2025 (periode Juli – September), laba bersih Perseroan tumbuh 12,7% YoY menjadi Rp285 miliar, ditopang peningkatan transaksi di toko sebesar 14,1% YoY, disiplin manajemen biaya, serta efisiensi operasional.
Direktur Utama MR.D.I.Y. Indonesia, Edwin Cheah mengungkapan Perseroan mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 17,3% (YoY) menjadi Rp5,7 triliun sepanjang sembilan bulan yang berakhir pada 30 September 2025, didukung oleh pertumbuhan permintaan dan ekspansi berkelanjutan di seluruh Indonesia. Performa ini mempertegas eksekusi yang konsisten dan daya tahan Perseroan di tengah kondisi pasar yang terus berubah.
“Dengan jaringan toko yang semakin luas dan profitabilitas yang terjaga, kami terus mempertahankan momentum pertumbuhan pesat di tengah dinamika industri yang terus berkembang,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat, (31/10/2025).
“Bisnis MR.D.I.Y. Indonesia terus berkembang kami fokus pada strategi jangka panjang dan kesiapan dalam merespon kebutuhan pelanggan. Kami memasuki sisa 2025 dengan momentum kuat untuk mempertahankan pertumbuhan dan memperkuat profitabilitas,” sambung Edwin.
Melanjutkan Ekspansi di Seluruh Indonesia
MR.D.I.Y. Indonesia terus menjalankan strategi pertumbuhan berkelanjutan sekaligus memperkuat kehadirannya di seluruh Indonesia.
Edwin menambahkan, sepanjang kuartal III 2025, Perseroan menjangkau wilayah baru mulai dari Barito Timur, Bolaang Mongondow, Hulu Sungai Selatan, Kutai Barat, dan Pesawaran. Perseroan mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin sektor ritel kebutuhan rumah tangga di Indonesia, dengan membuka 70 toko baru sepanjang kuartal III (Juli-September) 2025, sehingga total jaringan MR.D.I.Y. Indonesia mencapai 1.154 toko di seluruh Indonesia.
“Memperluas jangkauan ke seluruh Indonesia di tengah kondisi saat ini membutuhkan ketangkasan dan proyeksi jauh ke depan. Model operasional yang efisien, logistik yang terukur, serta pendekatan yang berfokus pada pelanggan terus menjadi pendorong pertumbuhan kami. Dari Lhokseumawe ke Jakarta, Gorontalo, hingga Sorong, pelanggan dapat menikmati harga yang sama di seluruh Indonesia berkat penerapan skala ekonomi dan keunggulan operasional. Hal ini menjadi wujud nyata dari komitmen kami dalam menghadirkan janji Hemat, Lengkap, Dekat,” tutur Edwin.
Memperkuat Daya Tahan Keuangan
Lebih lanjut, MR.D.I.Y. Indonesia mencatat kinerja keuangan yang solid selama sembilan bulan hingga 30 September 2025 dengan laba kotor meningkat 18,2% menjadi Rp3,20 triliun dan EBITDA naik 15,7% menjadi Rp1,87 triliun.
Direktur Keuangan MR.DI.Y. Indonesia, Rika Juniaty Tanzil mengungkapkan Perseroan juga membukukan pertumbuhan kas bersih dari aktivitas operasi sebesar 94,5% menjadi Rp1,0 trilliun, sekaligus mempertahankan rasio utang terhadap ekuitas atau gearing ratio yang sehat di level 0,4x. Hal ini mencerminkan fleksibilitas keuangan Perseroan yang kuat, guna mendukung ekspansi berkelanjutan.
“Kami terus mencatat pertumbuhan pendapatan dua digit sebesar 17,3% dengan tetap mempertahankan profitabilitas yang sehat. Volume kunjungan pelanggan tetap kuat, didukung oleh ekspansi berkelanjutan di seluruh Indonesia,” ungkapnya.
“Ditopang oleh arus kas sehat, neraca keuangan solid serta eksekusi disiplin, MR.D.I.Y. Indonesia siap menavigasi dinamika pasar dan terus bertumbuh di sisa 2025 dan seterusnya,” tambah Rika.
Ringkasan Kinerja MR.D.I.Y. Indonesia pada 9 Bulan 2025:
Tumbuh dengan Memberikan Dampak Positif
Di luar pertumbuhan bisnis, MR.D.I.Y. Indonesia terus memperkuat komitmen tanggung jawab sosialnya melalui program ‘MR.D.I.Y. untuk Indonesia’. Melalui inisiatif Waste to Empower, Perseroan mendorong pengelolaan sampah skala rumah tangga serta pemberdayaan masyarakat dengan cara:
Tahun ini, MR.D.I.Y. Indonesia juga merayakan pembukaan toko ke-1.100 di Tokyo Hub PIK 2 bertepatan dengan peringatan 80 Tahun Kemerdekaan Indonesia. Hal ini menegaskan kontribusi Perseroan dalam menciptakan lapangan kerja, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, serta menjalin kolaborasi dengan pelaku usaha setempat.
“Kami berkomitmen untuk tumbuh secara bertanggung jawab. Kami juga akan terus memperluas akses terhadap produk-produk esensial sekaligus menciptakan dampak positif untuk seluruh komunitas di Indonesia,” pungkas Edwin. raup






