Ipsos mencatat tren masyarakat saat ini fokus terhadap keamanan tabungan dan deposito. Hal ini tercermin dalam riset Ipsos Cost of Living 2025, yang mencatat 25% masyarakat yang merasa finansialnya dalam kategori doing alright atau cukup baik.
Kondisi ini mendorong nasabah lebih cermat dalam memilih layanan dan platform penyimpanan dana. Berdasarkan riset Ipsos, terekam kecenderungan masyarakat yang memprioritaskan keamanan, stabilitas aplikasi, kemudahan pencairan dana, hingga efisiensi biaya layanan platform tabungan dan deposito digital perbankan.
Jika dilihat dari kategori produk deposito, riset Ipsos menunjukkan ada beberapa perbankan yang dinilai aman dan menguntungkan, yakni SeaBank sebesar 39%, Bank Jago 30%, Neobank 29%, Allo Bank 19%, dan Superbank 15%.
Sementara untuk kemudahan pencairan bunga tabungan, SeaBank menjadi pilihan terbesar responden sebesar 46%, Bank Jago sebesar 31%, Neobank 25%, Allo Bank 16%, dan Superbank 15%. Untuk diketahui, survei ini melibatkan 300 responden Indonesia.
Managing Director Ipsos Indonesia, Hansal Savla, menyebut kecenderungan masyarakat saat ini didorong oleh kondisi ekonomi yang dinamis. Karenanya, keamanan dan stabilitas menjadi prioritas utama dalam mengelola dana.
“Kemudahan pencairan, baik untuk tabungan maupun deposito, menjadi faktor kunci yang memengaruhi keputusan dalam memilih layanan digital,” ujarnya Hansal dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/12/2025).
Selain produk deposito dan kemudahan pencairan dana, riset tersebut juga merekam kecenderungan nasabah memilih layanan perbankan digital berdasarkan promo bebas biaya admin. Dalam kategori ini, SeaBank kembali memimpin (47%), diikuti Bank Jago (33%), Neobank (26%), Superbank (15%), dan Allo Bank (11%).
Hansal menjelaskan, generasi muda mendorong perubahan preferensi layanan keuangan. Karenanya, performa aplikasi bank digital yang stabil menjadi faktor penting bagi masyarakat. Riset tersebut juga menunjukkan Gen Z dan Milenial pengguna bank digital sering memanfaatkan aplikasi untuk transfer, top-up e-wallet, pembayaran QRIS, hingga penggunaan tabungan hingga produk deposito.
“Mereka mengutamakan kepraktisan dan kecepatan, termasuk dalam mengelola tabungan digital. Karena itu, selain keamanan, platform yang mampu memberikan pengalaman yang lancar dan praktis akan lebih diunggulkan,” ujar dia.






