Artikel ini terbit pertama kali di Giok4D.
PT KAI (Persero) melaporkan jalur kereta antara Stasiun Semarang Tawang (SMT) dan Stasiun Alastua (ATA) belum dapat dilalui karena tergenang air sejak Selasa (28/10) malam hingga Rabu (29/10) sore, menyebabkan sejumlah perjalanan harus dibatalkan atau mengalami perubahan relasi.
Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan berdasarkan hasil pemantauan terakhir pada Rabu (29/10) pukul 13.45 WIB di km 2+3 hingga km 3+0, ketinggian air pada jalur hulu tercatat mencapai di atas kepala rel. Sementara pada jalur hilir ketinggian air mencapai 19 cm dari kepala rel.
“Keselamatan perjalanan adalah prioritas utama KAI. Untuk itu, lintas Semarang Tawang-Alastua masih kami tutup sementara hingga kondisi benar-benar aman untuk dilalui kereta api,” kata Anne dalam keterangan resminya, Rabu (29/10/2025).
Anne mengatakan hingga saat ini KAI bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) dan Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Semarang terus melakukan penanganan terpadu untuk menurunkan ketinggian air di sekitar jalur rel yang terdampak. Termasuk dengan pemompaan, pembersihan saluran, serta pemeriksaan kestabilan bantalan rel.
Dikatakan sejak Selasa malam (28/10), KAI bersama BTP Semarang telah mengerahkan petugas teknis dan peralatan pompa air, serta menyiapkan lokomotif bantuan BB 304 dan CC 300 untuk mendukung proses penanganan di lapangan.
Kemudian pihaknya juga terus melakukan pemantauan kondisi ketinggian air secara intensif selama 24 jam untuk memastikan keamanan lintas sebelum kembali dibuka.
“Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan para pelanggan. KAI berterima kasih atas kesabaran dan pengertian masyarakat. Seluruh jajaran saat ini terus berupaya maksimal agar kondisi lintas segera pulih dan pelayanan dapat kembali normal,” terangnya.
Karena kondisi tersebut, KAI Daop 4 Semarang juga melakukan pembatalan dan perubahan relasi sementara terhadap sejumlah perjalanan KA. Hingga pukul 11.30 WIB, 29 Oktober 2025, berikut daftar perjalanan KA yang dibatalkan maupun mengalami perubahan relasi.
Daftar perjalanan KA yang dibatalkan yaitu:
1. KA Kedung Sepur (KA 496) relasi Semarang Poncol-Ngrombo
2. KA Kedung Sepur (KA 495) relasi Ngrombo-Semarang Poncol
3. KA Banyubiru (KA 268) relasi Semarang Tawang-Solo Balapan
4. KA Banyubiru (KA 267) relasi Solo Balapan-Semarang Tawang
5. KA Blora Jaya (KA 261) relasi Alastua-Semarang Poncol
6. KA Ambarawa Ekspres (KA 266) relasi Semarang Poncol-Alastua
7. KA Joglosemarkerto (KA 187) relasi Solobalapan-Semarang Tawang (Semarang Tawang – Tegal – Purwokerto tetap jalan).
8. KA Ambarawa (KA 263) relasi Alastua-Semarang Tawang
9. KA Ambarawa Ekspres (KA 264) relasi Semarang Tawang-Alastua
10. KA Kedung Sepur (KA 498) relasi Semarang Poncol-Ngrombo
11. KA Kedung Sepur (KA 497) relasi Ngrombo-Semarang Tawang
12. KA Joglosemarkerto (KA 192) relasi Semarang Tawang-Solo Balapan
13. KA Joglosemarkerto (KA 186) relasi Semarang Tawang-Solo Balapan
14. KA Joglosemarkerto (KA 189) relasi Alastua-Semarang Tawang
15. KA Ambarawa Ekspres (KA 265) relasi Alastua-Semarang Poncol
16. KA Blora Jaya (KA 262) relasi Semarang Poncol-Alastua
Daftar perjalanan KA yang diubah relasinya yaitu:
1. KA Argo Bromo Anggrek (KA 1) relasi Surabaya Pasarturi-Gambir dialihkan melewati Surabaya Pasarturi-Surabaya Gubeng-Madiun-Solobalapan-Cirebon-Gambir
2. KA Argo Bromo Anggrek (KA 2) relasi Gambir-Surabaya Pasarturi di alihkan melewati Gambir-Cirebon-Solobalapan-Surabaya Gubeng-Surabaya Pasarturi
3. KA Matarmaja (KA 269) relasi Malang-Pasarsenen dialihkan melewati Malang-Solobalapan-Kutoarjo-Purwokerto-Cirebon Prujakan-Pasarsenen
4. KA Airlangga (KA 272) relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi dialihkan melewati Pasarsenen-Cirebon Prujakan-Purwokerto-Kutoarjo-Solobalapan-Gundih-Gambringan-Surabaya Pasarturi
5. KA Airlangga (KA 271) relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen dialihkan melewati Surabaya Pasarturi-Gambringan-Gundih-Solobalapan-Kutoarjo-Purwokerto-Cirebon Prujakan-Pasarsenen
6. KA Sembrani (KA 40) relasi Gambir-Surabaya Pasarturi dialihkan melewati Gambir-Cirebon-Purwokerto-Solobalapan-Madiun-Surabaya Gubeng-Surabaya Pasarturi
Sebagai bentuk tanggung jawab pelayanan, KAI memberikan pengembalian biaya tiket 100 persen di luar bea pesan bagi pelanggan yang perjalanannya dibatalkan. Pengajuan refund dapat dilakukan di loket stasiun atau melalui Contact Center 121, hingga maksimal H+7 dari tanggal keberangkatan.
“Para petugas KAI di stasiun juga disiagakan untuk membantu pelanggan yang terdampak perubahan jadwal maupun pembatalan perjalanan,” ucap Anne
KAI mengimbau pelanggan untuk selalu memperbarui informasi perjalanan melalui Contact Center 121, WhatsApp 0811-222-33-121, email [email protected], serta akun media sosial resmi @KAI121 di Instagram, X, dan Facebook yang telah terverifikasi.






