Direksi Turun ke SPBU Ciater, Ukur Takaran BBM hingga Cek Kualitas di Tangki

Posted on

PT Pertamina Patra Niaga melakukan pengecekan terhadap operasional SPBU 34.15317 Ciater, Serpong, pada Kamis (23/10) melalui program Pantau Bareng SPBU. Hal ini dilakukan anak usaha PT Pertamina (Persero) itu untuk memastikan kualitas pelayanan dan operasional SPBU berjalan sesuai standar.

Dalam kesempatan itu, Direktur SDM dan Penunjang Bisnis Pertamina Patra Niaga, Putut Andriatno menjelaskan berbagai program promosi Pertamina Patra Niaga yang tengah berlangsung di bulan Oktober, sekaligus mendengarkan masukan langsung dari pelanggan terkait pelayanan di SPBU.

“Pemantauan langsung seperti ini penting agar kami dapat memastikan kualitas dan ketepatan takaran BBM benar-benar sesuai standar. Kami juga ingin memastikan pelayanan di SPBU berlangsung transparan, profesional, dan maksimal sehingga pelanggan merasa aman dan puas,” jelas Putut, dalam keterangannya, Jumat (24/10/2025).

Adapun beberapa hal yang dilakukan pengecekan di antaranya, Quality & Quantity (QQ) produk BBM melalui uji tera nozzle. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan bahwa takaran BBM yang diterima pelanggan sesuai dengan standar dan akurat.

Selanjutnya dilakukan pula pengecekan kadar air di tangki penyimpanan untuk memastikan tidak ada kontaminasi air yang dapat mempengaruhi kualitas bahan bakar.

Pengujian kualitas produk juga dilanjutkan menggunakan Mobil Serv-Q (Service & Quality), merupakan armada khusus milik Pertamina Patra Niaga untuk memverifikasi mutu dan kuantitas BBM secara langsung di lapangan. Tim Serv-Q memastikan hasil pengujian sesuai standar Pertamina Way SPBU yang mencakup pengecekan warna, densitas, dan temperatur bahan bakar.

Putut juga meninjau kebersihan dan kenyamanan fasilitas di SPBU, seperti toilet dan musala. Ia mengatakan bahwa kenyamanan pelanggan merupakan prioritas dari pelayanan prima yang harus dijaga oleh seluruh SPBU.

Kegiatan Pantau Bareng SPBU ini menjadi agenda rutin Pertamina Patra Niaga di seluruh wilayah operasional sebagai wujud konsistensi perusahaan dalam menjaga mutu produk dan layanan serta kenyamanan pelanggan.

“Apabila masyarakat ingin menyampaikan keluhan atau dugaan ketidaksesuaian yang terjadi di SPBU, masyarakat dapat menyampaikannya melalui layanan pelanggan Pertamina Contact Center 135,” tutupnya.

Pelanggan yang sedang ada di lokasi turut memberikan respons positif terhadap kegiatan Pantau Bareng SPBU ini. Salah satunya Aldi, yang turut menceritakan pengalamannya menggunakan produk Pertamina. “Saya dari dulu selalu PERTAMINA ya, biasanya sih Pertamax, kadang Pertamax Turbo. Pertamax bagus, Pertamina kualitasnya ok. Untuk akselerasi mobil pun sangat responsif banget,” ujar Aldi.

Sementara itu, Aura, mahasiswi asal Gading Serpong, yang sedang mengisi BBM juga menilai kegiatan ini sebagai langkah positif dari Pertamina Patra Niaga. “Menurut aku ini sangat bagus, karena bisa melihat langsung operasionalnya SPBU Pertamina, tidak cuma dari office saja. Direksi turun langsung ke lapangan, jadi bisa tahu kondisi nyata di SPBU,” ungkap Aura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *