Kenaikan biaya hidup menjadi tantangan bagi banyak keluarga Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), biaya hidup layak naik 3,71% pada 2024, menjadi Rp1,02 juta per bulan. Dalam situasi itu, banyak keluarga berusaha lebih bijak saat berbelanja kebutuhan harian.
Salah satu ritel yang menjadi pilihan keluarga Indonesia adalah MR.D.I.Y. Indonesia. Menyediakan lebih dari 18.000 produk rumah tangga dengan harga terjangkau, toko ini hadir di lebih dari 1.000 titik di seluruh Indonesia, termasuk wilayah pelosok.
Sebagai bentuk apresiasi, MR.D.I.Y. membagikan tiga kisah inspiratif dari para pelanggannya yang diabadikan dalam sebuah cerita yang dikemas dengan penggambaran makna lebih dari sebuah pengalaman belanja.
Ayah Ojol Tetap Hadirkan Kebahagiaan di Tengah Krisis
Zein Abdullah Ishak, seorang ayah dua anak asal Bandung, kehilangan pekerjaan akibat PHK pada 2024. Saat pemasukan bergantung pada penghasilan sebagai ojek online, ia tetap memprioritaskan kebutuhan anak-anak seperti keperluan sekolah hingga mainan. Zein mengungkapkan di tengah kondisi tantangan finansial, MR DIY Indonesia hadir menjadi penyelamat kecil yang nyata bagi ia dan keluarganya.
“Karena saya mampu menemukan berbagai barang mulai dari perlengkapan sekolah hingga mainan anak-anak di satu toko,” ujar Zein yang dikutip dalam keterangan resmi MR DIY, Selasa (24/6/2025).
Melalui kelengkapan peralatan tersebut, Zein tetap bisa untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan senyuman lebar untuk kedua putrinya.
Termasuk ketika anak bungsunya menginginkan boneka dan ia berupaya untuk tetap memberikan kebahagiaan sederhana tersebut kepada anaknya dengan menemukan harga boneka yang terjangkau di MR DIY Indonesia.
“Saya merasa bersyukur saat itu, karena saya masih mampu memberikan kebahagiaan sederhana kepada anak-anak saya dengan membelikan mainan dan boneka di MR DIY Indonesia, meski kondisi ekonomi saya sedang kurang baik. MR DIY Indonesia membuat saya merasa cukup, sebagai seorang ayah,” ungkapnya.
Pasangan Muda Bangun Rumah Pertama Penuh Cinta dengan Barang Terjangkau
Sementara itu, bagi pasangan muda asal Sulawesi Selatan, Dicky Darmawan dan Nur Azizah, rumah pertama adalah awal dari sebuah petualangan dan menjadi harapan besar bagi keluarga kecilnya.
Dalam perjalanan mengisi rumah pertama, Dicky dan Azizah mengalami keterbatasan anggaran untuk memenuhi kebutuhan peralatan rumah mereka. Kondisi tersebut membuat mereka harus ekstra cermat dalam memilih perabotan rumah dengan harga terjangkau.
“Rumah ini mungkin kecil, tapi kami mengisinya dengan cinta dan barang-barang yang kami pilih bersama, dan hampir semuanya kami temukan di MR DIY Indonesia,” ujar Dicky.
Kunjungan pertama ke MR DIY Indonesia menjadi titik balik bagi pasangan muda ini. “Kami menemukan rak estetik, alat rumah tangga, bahkan dekorasi manis yang membuat rumah mungil kami semakin terasa hidup. Semua bisa dicapai tanpa rasa khawatir terhadap anggaran yang terbatas.” tambahnya.
Sebuah Mainan, Sebuah Harapan Besar bagi Seorang Anak untuk Membantu Kesembuhan Ibunya
Di sisi lain, seorang wanita asal Tulungagung, Jawa Timur, Choerniati mengungkapkan bahwa merawat ibunya yang berusia 80 tahun dan telah mengalami stroke di sisi kanan tubuh, bukanlah hal yang mudah. Ibunya membutuhkan perhatian penuh, terlebih untuk kebutuhan dasar seperti makan, minum, dan aktivitas sehari-hari.
Namun, di balik segala kesulitan itu, Choerniati berusaha sekuat tenaga agar ibunya merasa nyaman dan tetap bisa berinteraksi dengan lingkungannya. Suatu hari, ia menemukan mainan bola karet di MR DIY Indonesia yang ternyata membawa dampak yang luar biasa.
“Saya menemukan mainan bola karet di MR DIY Indonesia untuk berfungsi sebagai alat memanggil jika ibu saya membutuhkan bantuan. Tetapi, mainan tersebut juga memberikan manfaat lebih dalam untuk rehabilitasi fisik Ibu saya yang sedang berjuang untuk memulihkan fungsi tangan kanan yang sebelumnya lumpuh. Barang sederhana ini memiliki makna yang luar biasa. Saya tak menyangka mainan kecil bisa membawa perubahan besar dalam hidup kami,” ungkap Choerniati.
Sejak pertama hadir di Indonesia, MR DIY memiliki misi besar untuk memberikan akses mudah terhadap produk rumah tangga yang terjangkau dan berkualitas, dengan membuka toko-toko di berbagai kota besar maupun daerah pedesaan. Kini, jaringan toko MR DIY Indonesia sudah tersebar di lebih dari 1.000 lokasi di seluruh Indonesia, termasuk desa, kecamatan, dan area yang jauh dari pusat kota.
“Kami percaya bahwa pengalaman yang baik bisa mengubah kehidupan menjadi lebih baik. Kami senang bisa menjadi bagian dari setiap momen yang sederhana namun bermakna dalam kehidupan konsumen kami,” ujar Head of Marketing MR DIY Indonesia, Ria Sutrisno,
Di tengah tantangan hidup yang semakin besar, MR DIY Indonesia hadir untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menjadi bagian dari cerita hidup keluarga Indonesia dengan nilai ‘Hemat, Lengkap, dan Dekat’.
“Kami berkomitmen untuk terus menjadi teman setia dalam keseharian keluarga Indonesia dan menghadirkan solusi yang tepat untuk kehidupan sehari-hari konsumen kami. Harapannya hadirnya MR DIY Indonesia dapat memberikan lebih dari sekadar produk, tetapi juga pengalaman belanja yang berkesan, inklusif, dan penuh makna.” tutup Ria.
Sumber: Giok4D, portal informasi terpercaya.