Dari Masalah Jadi Peluang, Kisah Brand KEE Hadirkan Tas Kamera Stylish

Posted on

Di tengah tumbuhnya semangat brand lokal di Jakarta, dunia kreatif juga berkembang dengan dinamis. Fotografer dan konten kreator kini menjadi bagian penting dari lanskap industri kreatif, dengan kebutuhan yang semakin spesifik terhadap perlengkapan kerja mereka.

Dari kebutuhan inilah sebuah brand tas kamera, KEE, lahir dari pengalaman nyata di lapangan. Mengedepankan desain yang berpusat pada pengguna, KEE menghadirkan produk yang tidak hanya fungsional, tetapi juga memahami keseharian dan tantangan para kreator visual.

Founder KEE, Riky Santoso membagikan kisah perjalanannya. Ia mengatakan sebelum membangun bisnis KEE, dirinya berkarier sebagai fotografer sejak masih SMA. Dulu ia juga sempat kesulitan mencari tas kamera yang terjangkau tapi tetap berkualitas.

“Waktu itu, pilihan tas kamera lokal masih sangat terbatas, kalau tidak terlalu bulky, harganya mahal. Dari situ, saya berpikir untuk membuat tas sendiri yang sesuai dengan kebutuhan fotografer dengan harga yang terjangkau. Sejak awal, saya ingin menciptakan produk yang benar-benar fungsional dan tahan lama,” ujar Riky dalam keterangannya, Senin (23/6/2025).

“Kami memulai semuanya dari skala kecil, produksi sendiri, sambil terus menyempurnakan sistem kerja. Kini KEE berkembang menjadi brand yang tidak hanya memproduksi tas kamera, tetapi juga melebarkan lini produk ke kategori daily dan fashion bag, serta memperluas jangkauan pasar lewat kolaborasi bersama Shopee,” imbuhnya.

KEE: Mengamankan Gear dan Menginspirasi Gaya Hidup Urban bersama Shopee

Perjalanan KEE dimulai dari pengalaman pribadi Riky sebagai fotografer yang kerap berpindah lokasi untuk hunting foto. Namun, ia kesulitan menemukan tas kamera yang ideal. Tas yang tidak hanya fungsional, tetapi juga tahan banting, ringan, dan mudah dibawa dalam aktivitas harian.

Tahun demi tahun, dengan bantuan para perajin lokal berpengalaman, pria kelahiran 1995 ini membangun KEE sebagai solusi untuk para fotografer dan konten kreator konten yang aktif di lapangan. Salah satu produk pertamanya adalah tas kamera Beetle 1.0 yang berhasil terjual lebih dari 100.000 pcs hingga saat ini.

Transformasi bisnis KEE makin terasa ketika mulai bergabung dengan Shopee dan merasakan peningkatan penjualan lebih dari 10 kali lipat dibandingkan saat awal bergabung. Riky mengatakan platform ini bukan hanya menjadi kanal distribusi, tapi wadah strategis untuk mengenal pasar lebih luas dan memaksimalkan interaksi dengan audiens muda urban.

Riky mengungkapkan Shopee memberi kesempatan untuk tampil di panggung yang lebih besar, dan menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia. Salah satu titik balik penting KEE adalah ketika mulai rutin melakukan sesi Shopee Live. Riky menjelaskan lewat fitur ini brand bisa berinteraksi langsung dengan audiens, menjelaskan detail produk, menjawab pertanyaan, hingga mendemonstrasikan fitur-fitur secara real-time.

“Dampaknya sangat terasa, penjualan kami meningkat hingga 40% dari tahun 2023 ke 2024, berkat kedekatan yang terbangun dengan pelanggan tersebut. Di KEE sendiri, kami percaya bahwa yang kami tawarkan bukan sekadar tas, tetapi juga rasa aman, itulah mengapa setiap produk kami hadir dengan garansi seumur hidup sebagai bentuk komitmen terhadap kualitas dan perlindungan gear pelanggan. Kami harap garasi ini memberi rasa percaya diri bagi pengguna, menghadirkan rasa aman, dan menjadi nilai tambah yang membuat mereka semakin yakin memilih KEE,” jelas Riky.

Merangkul Lokalitas, Membangun Brand Skala Nasional

Sebagai brand asli Jakarta, Riky mengatakan KEE tumbuh dengan semangat kolaborasi dan kepedulian terhadap ekosistem lokal. Sejak awal, KEE menjalin kemitraan erat dengan para pengrajin lokal. Bukan hanya untuk menjaga kualitas produksi, tetapi juga sebagai bentuk kontribusi nyata terhadap keberlangsungan industri kreatif dalam negeri.

Riky mengungkapkan kontrol kualitas yang ketat menjadi standar utama untuk memastikan setiap produk yang sampai ke tangan konsumen membawa nilai craftsmanship dan ketahanan yang bisa diandalkan. Komitmen inilah yang membuat KEE tidak hanya relevan secara lokal, tetapi juga mampu bersaing secara nasional.

Memasuki tahun 2025, KEE tengah mempersiapkan koleksi terbaru yang lebih selaras dengan gaya hidup dan kebutuhan pasar saat ini. Tidak lagi hanya berfokus pada tas kamera, KEE memperluas lini produknya ke daily bag dan fashion bag bergaya urban yang serbaguna dan inklusif, cocok digunakan oleh siapa pun, kapan pun.

Seluruh koleksinya akan diluncurkan secara eksklusif di Shopee dengan memanfaatkan berbagai fitur interaktif seperti Shopee Live dan Shopee Video, serta kanal Shopee Pilih Lokal, yang menjadi jendela utama bagi konsumen untuk menemukan produk UMKM berkualitas lengkap dengan berbagai promo menarik.

Menjelang Hari Ulang Tahun Jakarta ke-498, perjalanan KEE menjadi refleksi nyata dari semangat kota ini yang penuh inisiatif, dinamis, dan berakar pada kreativitas anak muda. Dari awalnya sekadar mimpi seorang fotografer untuk menciptakan tas ideal, KEE kini menjelma menjadi brand yang dipercaya ribuan pelanggan di seluruh Indonesia.

Semua berangkat dari satu misi sederhana namun kuat, melindungi gear para kreator, mendukung ekspresi mereka, dan menghadirkan solusi fungsional yang menyatu dengan gaya hidup urban. Ke depan, KEE berharap pemerintah juga semakin aktif mendorong pertumbuhan UMKM melalui berbagai program dan pameran, serta memberikan ruang prioritas bagi produk UMKM. Karena bagi KEE, membangun brand bukan hanya soal produk, tetapi juga soal kontribusi terhadap komunitas dan kota tempatnya tumbuh.

Kunjungi KEE di Shopee melalui https://shopee.co.id/kee.id. Untuk mendukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM, Shopee menghadirkan kanal Shopee Pilih Lokal, wadah khusus untuk kurasi produk lokal berkualitas dengan berbagai penawaran menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *