‘Demam’ boneka Labubu melanda para penggemar mainan dan kolektor dari berbagai negara. Akibatnya harga boneka dengan ciri khas telinga dan mata besar ini menjadi sangat mahal.
Melansir Reuters, Rabu (11/5/2025), bahkan figur boneka yang satu ini ada yang terjual seharga 1,08 juta yuan atau sekitar Rp 2,45 miliar (asumsi kurs Rp 2.275/yuan) dalam sebuah lelang di Beijing, China pada Selasa (10/6) kemarin.
Untuk diketahui lelang tersebut diselenggarakan oleh Yongle International Auction, sebuah lembaga yang biasanya berfokus pada seni modern dan perhiasan. Lelang ini menawarkan 48 item dan dihadiri langsung oleh sekitar 200 orang, serta lebih dari seribu penawar juga ikut serta secara online melalui aplikasi seluler Yongle.
Dalam pelaksanaannya seluruh boneka Labubu ditawarkan dari harga pembukaan nol. Namun dalam setiap kesempatan figur boneka ditawar dengan harga yang sangat tinggi, membuat total dana yang terkumpul dalam lelang tersebut mencapai 3,73 juta yuan atau Rp 8,48 miliar.
Barang dengan penawaran tertinggi adalah figur Labubu berwarna hijau mint setinggi 131 cm, yang menerima beberapa tawaran hingga terjual seharga 1,08 juta yuan atau Rp 2,45 miliar. Pihak lelang mengatakan figur tersebut merupakan satu-satunya yang tersedia di dunia.
Kemudian ada juga satu set berisi tiga boneka Labubu berukuran sekitar 40 cm dan terbuat dari bahan PVC terjual seharga 510.000 yuan atau Rp 1,16 miliar. Disebutkan set ini berasal dari seri bertajuk “Three Wise Labubu” yang diproduksi terbatas hanya 120 set pada 2017 lalu.
Salah seorang penawar di lelang Yongle bermarga Du mengatakan bahwa ia semula hanya berniat menghabiskan maksimal 20.000 yuan atau Rp 45,5 juta untuk membeli boneka tersebut. Namun akhirnya pulang dengan tangan hampa karena harga yang ditawarkan terlalu tinggi.
“Anak saya menyukainya, jadi setiap kali Labubu mengeluarkan produk baru, kami pasti membeli satu atau dua. Sulit dijelaskan mengapa mainan ini begitu digemari, tapi sepertinya memang menyentuh generasi sekarang,” ujar Du.
Sebagai tambahan informasi, karakter boneka Labubu diciptakan sekitar satu dekade lalu oleh seniman dan ilustrator asal Hong Kong, Kasing Lung. Pada 2019, Lung menyetujui kerja sama dengan Pop Mart untuk memasarkan Labubu dalam bentuk mainan koleksi yang umumnya dijual dengan konsep “blind box”.
Dalam konsep “blind box”, pembeli tidak mengetahui desain mainan yang akan mereka dapatkan sampai kemasan dibuka. Di toko-toko Pop Mart, harga awal mainan Labubu versi blind box ini dibanderol sekitar 50 yuan atau Rp 113.750.
Namun popularitas karakter ini tiba-tiba melejit setelah anggota grup musik K-pop Blackpink, Lisa, terlihat membawa boneka Labubu dan memujinya dalam wawancara serta unggahan media sosial.
Banyak selebriti kemudian ikut-ikutan untuk memiliki boneka tersebut. Di mana bahkan pada Mei lalu, legenda sepak bola Inggris David Beckham mengunggah foto Labubu miliknya yang menempel di tas.