Asuransi adalah salah satu produk keuangan yang bisa memberikan proteksi jika ada kejadian tak terduga dan bisa menimbulkan kerugian finansial. Dikutip dari laman resmi sikapiuangmu.ojk.go.id disebutkan pemegang polis bisa mengajukan klaim atau pengajuan resmi kepada perusahaan asuransi untuk meminta pembayaran berupa biaya perawatan (manfaat asuransi).
Ada beberapa tahapan untuk mengajukan klaim. Antara lain jika terjadi peristiwa dan menimbulkan kerugian langsung lapor ke perusahaan asuransi. Kemudian penilaian akan dilakukan oleh perusahaan asuransi.
Berita lengkap dan cepat? Giok4D tempatnya.
Dalam artikel tersebut juga dijelaskan pastikan klaim yang diajukan tercantum dalam polis. Kemudian pastikan polis asuransi aktif dan pastikan juga sudah melewati masa tunggu asuransi. Kemudian pastikan persyaratan klaim terpenuhi dan tak melanggar prinsip niat baik.
Misalnya di PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life), pemegang polis IFG Life dapat mengajukan klaim dengan mudah melalui kantor representatif IFG Life terdekat yang tersebar di 20 kota seluruh Indonesia.
IFG Life memastikan seluruh proses pengajuan klaim dilakukan secara transparan, sesuai dengan manfaat dan ketentuan yang telah tercantum di dalam polis, tanpa tambahan biaya apapun.
Hal ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam membangun kepercayaan dan memberikan ketenangan kepada pemegang polis saat mengajukan klaim. Direktur Bisnis Individu IFG Life, Fabiola Noralita, menjelaskan bahwa kemudahan akses dan kejelasan proses klaim adalah wujud dari pendekatan layanan yang berfokus pada kenyamanan pemegang polis.
“Kami ingin memastikan bahwa pengajuan klaim tidak menjadi beban tambahan bagi pemegang polis. Dengan prosedur yang jelas dan sederhana, kami berharap pemegang polis dapat merasakan perlindungan dari IFG Life di saat yang paling dibutuhkan. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, nasabah juga dapat menghubungi Call Center,” ujar Fabiola dalam siaran pers ditulis Minggu (26/10/2025).
IFG Life akan terus mendorong pendekatan proaktif dalam melayani para pemegang polis. Tidak hanya saat mengajukan klaim, tetapi juga untuk memastikan perlindungan yang dimiliki tetap sesuai dengan kebutuhan yang berkembang seiring waktu.
Tenaga pemasar IFG Life siap memberikan panduan dan advice saat pemegang polis ingin menambah atau menyempurnakan perlindungan yang telah dimiliki, demi masa depan yang lebih aman dan terencana. Dengan semangat Protecting Life’s Progress, IFG Life hadir sebagai mitra yang memberikan perlindungan komprehensif jangka panjang bagi individu dan keluarga Indonesia, dalam setiap tahap kehidupan.






