Bangun Kepercayaan Pelanggan, Bank DBS Andalkan Layanan Responsif

Posted on

DBS Bank Ltd (Bank DBS) meraih tiga kemenangan berturut-turut dalam ajang Euromoney Awards for Excellence 2025. Salah satunya adalah penghargaan sebagai ‘World’s Best Bank’.

Penghargaan ini menandai kinerja keuangan Bank DBS yang solid, komitmen terhadap kepuasan nasabah, fokus keberlanjutan pada inovasi, serta semangat tanggung jawab yang kuat dalam menjalankan peran sebagai institusi keuangan.

Penghargaan ini merupakan kali ketiga Bank DBS menyabet penghargaan tertinggi dari Euromoney sejak tahun 2019 dan 2021. Selain itu, Bank DBS juga kali pertama dinobatkan sebagai pemenang untuk kategori ‘World’s Best Bank for Customer Experience’ dan kembali meraih penghargaan ‘World’s Best Bank for Corporate Responsibility’ untuk kedua kalinya.

CEO Bank DBS Tan Su Shan mengatakan, “Kami merasa sangat terhormat atas penghargaan tiga gelar global dari Euromoney, termasuk predikat ‘World’s Best Bank’. Inovasi dan tujuan positif merupakan bagian tak terpisahkan dari budaya Bank DBS, didorong oleh keinginan kami untuk menghadirkan pengalaman perbankan yang lebih sederhana dan tanpa hambatan bagi nasabah, sekaligus memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Pengakuan ini sangat membanggakan karena mencerminkan komitmen kami terhadap nasabah dan masyarakat, yang selalu menjadi pusat dari segala hal yang kami lakukan di Bank DBS. Ke depan, kami akan terus menjadi mitra tepercaya, digerakkan oleh tujuan positif, dan mampu membawa transformasi bagi semua pihak yang kami layani.”

Pentingnya Keamanan Perbankan di Tengah Dinamika Ekonomi Global

Di tengah dinamika ekonomi global yang penuh ketidakpastian, keamanan perbankan menjadi faktor krusial bagi nasabah. Tidak hanya bagi individu, kepercayaan ini juga penting pelaku bisnis yang menggantungkan operasionalnya pada stabilitas perbankan.

Pada era digital, bank tepercaya akan menginvestasikan teknologi canggih untuk melindungi data nasabah dan menjamin keamanan transaksi. Bagi nasabah, hal ini berarti ketenangan dalam menabung, bertransaksi, maupun berinvestasi.

Sebagai bukti dari titel bank teraman, pada tahun 2024, Bank DBS mencatatkan pendapatan total sebesar SGD 22,3 miliar dan laba bersih sebesar SGD 11,4 miliar. Kedua pencapaian ini merupakan rekor tertinggi dalam sejarah bank.

Selain itu, dengan tingkat pengembalian ekuitas sebesar 18 persen juga menjadi salah satu yang tertinggi di antara bank-bank di pasar maju. Bank DBS turut mencatatkan pencapaian bersejarah sebagai perusahaan pertama yang terdaftar di bursa Singapura dengan kapitalisasi pasar menembus USD 100 miliar.

Dari sisi nasabah, Bank DBS terus menghadirkan inovasi untuk menjadikan pengalaman perbankan semakin sederhana, praktis, dan personal. Sepanjang tahun 2024, Bank DBS melibatkan lebih dari 13 juta nasabah di seluruh kawasan melalui 1,2 miliar notifikasi berbasis kecerdasan buatan (AI) yang membantu mereka mengambil keputusan finansial dan investasi yang lebih baik.

Pada tahun yang sama, Bank DBS juga berhasil menggandakan nilai ekonomi yang dihasilkan dari penerapan AI menjadi SGD 750 juta, lewat lebih dari 370 use cases. Pendekatan berbasis customer journeys juga konsisten dikembangkan untuk memperkuat kepuasan nasabah, mempercepat waktu layanan, dan mendorong hasil-hasil positif lainnya dalam pengalaman nasabah.

Lebih lanjut, sebagai bagian dari upaya mendukung transisi Asia menuju ekonomi rendah karbon, komitmen Bank DBS terhadap tanggung jawab korporasi tercermin secara menyeluruh dalam tiga pilar utama, mencakup lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG), salah satunya dengan menetapkan komitmen pembiayaan berkelanjutan sebesar SGD 89 miliar (neto setelah pelunasan).

Mulai tahun 2024 Bank DBS juga berkomitmen mengalokasikan hingga SGD 1 miliar serta lebih dari 1,5 juta jam kerja sukarela dalam satu dekade ke depan untuk meningkatkan kualitas hidup dan penghidupan kelompok berpenghasilan rendah dan masyarakat prasejahtera di Asia.

Sebagaimana diketahui, bank yang aman memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas sistem keuangan secara keseluruhan. Mereka memiliki manajemen risiko yang kuat, struktur permodalan yang sehat, serta kepatuhan terhadap regulasi yang ketat. Ini memberikan fleksibilitas saat menghadapi krisis dan menjaga kelangsungan layanan kepada nasabah.

Solusi digital Bank DBS Indonesia yang aman melalui layanan responsif dan relevan pun diakui oleh Euromoney Awards for Excellence 2025 untuk Best Digital Bank for Large Corporates 2025.

Salah satu inovasi yang dihadirkan oleh Bank DBS Indonesia adalah solusi perbankan DBS IDEAL RAPID (Real Time Application Programming Interface (API) by DBS) yang menghadirkan kecepatan dan kemudahan akses serta telah memberikan nilai tambah signifikan bagi kelancaran transaksi dan efisiensi operasional.

Reputasi Global Sebagai Bukti Keamanan dan Kepercayaan Nasabah

Status Bank DBS sebagai ‘Bank Teraman’ di Asia membawa dampak positif yang signifikan bagi nasabah dan investor. Bagi nasabah, hal ini memberikan rasa aman dan keyakinan tinggi bahwa dana mereka berada di tangan institusi yang stabil, tangguh, dan terpercaya.

“Bank Teraman” dan “Bank Terbaik di Dunia” merujuk pada institusi keuangan yang memiliki ketahanan tinggi secara finansial, tata kelola yang kuat, serta kemampuan menghadapi tekanan ekonomi atau krisis global tanpa mengorbankan dana dan kepercayaan nasabah.

Lembaga internasional seperti Euromoney dan Global Finance menilai keamanan bank berdasarkan sejumlah parameter utama, meliputi:

Di Indonesia, Bank DBS Indonesia meraih peringkat AAA (idn) National Long-Term Rating dan National Short-Term Rating of ‘F1+(idn)’ dari Fitch Ratings Indonesia pada tahun 2024. Peringkat prestisius ini menegaskan kinerja keuangan Bank DBS Indonesia yang baik serta komitmen akan tata kelola perusahaan yang kokoh demi kelayakan kredit serta praktik bisnis yang berkelanjutan.

Selain itu, indikator lain yang menetapkan bank teraman adalah bank tersebut memiliki manajemen risiko dan tata kelola perusahaan yang disiplin, dengan kepatuhan tinggi terhadap regulasi dan kontrol internal yang kuat. Serta, stabilitas operasional dan reputasi global juga diperhitungkan sebab bank yang konsisten menunjukkan performa kuat di tengah krisis akan lebih dipercaya.

Predikat “bank teraman” bukan hanya soal ukuran aset, tetapi menyangkut ketahanan, kehati-hatian, dan tanggung jawab jangka panjang. Bagi nasabah, ini memberikan rasa aman dan keyakinan bahwa dana mereka dikelola secara profesional dan berkelanjutan.

Bagi investor, baik ritel maupun institusi, status ini mencerminkan kredibilitas dan daya tahan jangka panjang. Bank DBS dianggap sebagai mitra terpercaya untuk investasi karena kinerjanya yang konsisten, kepatuhan terhadap regulasi global, dan tata kelola yang transparan. Reputasi ini memperkuat daya tarik DBS sebagai tempat yang aman untuk penempatan dana maupun kemitraan strategis.

Selain itu, Bank DBS juga dikenal sebagai bank terpercaya untuk pertumbuhan bisnis dan pengelolaan kekayaan dengan akses pada produk dan layanan kelas dunia termasuk infrastruktur digital yang aman, solusi keuangan inovatif, serta layanan wealth management berstandar internasional.

Singkatnya, pengakuan Bank DBS sebagai bank teraman bukan hanya simbol prestasi, tetapi juga menjamin perlindungan, stabilitas, dan pertumbuhan berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan sebab Bank DBS tidak hanya menjadi bank teraman, tapi juga pionir inovasi dan keberlanjutan.

Hal ini dibuktikan dari berbagai penghargaan yang menggarisbawahi capaian ini, di antaranya mencakup dari Triple A Sustainable Investing Awards sebagai Best Corporate Trust Mandate untuk proyek Renewable Energy (EV) dan Waste-to-Energy Euromoney Awards for Excellence 2024 sebagai Indonesia’s Best Bank for ESG, Global Finance Sustainable Finance Awards 2025 sebagai Best Bank for Sustainable Finance, serta dari Finance Asia Awards 2025 sebagai Best Sustainable Bank-Indonesia Best Debt Capital Market House untuk kiprahnya selama tahun 2024, selain sebagai The World’s Best Sub-Custodian Banks 2025 yang diselenggarakan oleh Global Finance.

Pengakuan ini adalah bukti komitmen bank terhadap nasabah dan masyarakat melalui inovasi dan tujuan positif sebagai bagian penting dari budaya Bank DBS. Dengan landasan untuk memberikan pengalaman perbankan yang lebih menyenangkan, aman dan terpercaya, sekaligus memiliki dampak positif pada masyarakat.

bangun