Bertepatan dengan peringatan Hari Disabilitas International 2025, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menunjukkan layanan di cabang yang ramah disabilitas. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya kursi roda, jalur landai ATM yang telah dilengkapi huruf braille, toilet ramah penyandang disabilitas, layanan e-channel dan BSI Call 14040, serta mesin ATM yang telah dilengkapi huruf braille.
Bertepatan dengan peringatan Hari Disabilitas Internasional, Direktur Utama BSI, Anggoro Eko Cahyo didampingi Direktur Retail Banking BSI, Kemas Erwan Husainy dan SEVP Operations BSI, Ana Nurul Khayati berkesempatan menyapa nasabah penyandang disabilitas di Kantor Pusat BSI di Jl Gatot Subroto Jakarta Selatan. Sementara Wakil Direktur Utama Bob Tyasika Ananta dan SEVP Funding and Transaction BSI Ida Triana Widowati menyapa nasabah di kantor BSI Tower, Medan Merdeka Selatan Jakarta.
Selain di Jakarta, peringatan hari disabilitas juga dilakukan seluruh kantor BSI, salah satunya dihadiri oleh Direktur Sales and Distribution BSI, Anton Sukarna menyapa nasabah di kantor layanan di Bandung. Selain menyapa, BSI memberikan apresiasi dalam bentuk tabungan dan souvenir hasil karya disabilitas kepada nasabah yang datang, direksi juga menyapa pegawai disabilitas yang bekerja di BSI. Komitmen ini juga sejalan dengan upaya Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nomor 10 yaitu berkurangnya kesenjangan.
Anggoro Eko Cahyo mengungkap bahwa saat ini 100% outlet BSI atau sekitar 1.032 cabang ramah bagi penyandang disabilitas. Terdapat lantai landai untuk akses kursi roda serta toilet yang ramah disabilitas.
Sementara 75% layanan ATM/CRM atau 4.500 mesin dilengkapi huruf Braille yang memudahkan nasabah penyandang tunanetra melakukan transaksi. BSI juga menyediakan e-channel BSI di antaranya BSI Call 14040, BYOND by BSI, BSI Net Banking maupun BSI Agen yang jumlahnya lebih dari 100 ribu agen di seluruh Indonesia yang mudah diakses nasabah.
“Kami mengucapkan selamat Hari Disabilitas Internasional bagi teman-teman disabilitas semoga tetap berdaya, berkarya, dan mandiri. BSI sebagai bank syariah yang inklusif bertekad untuk mendorong terus akselerasi layanan yang bisa diakses seluruh elemen nasabah termasuk teman-teman disabilitas,” kata Anggoro dalam siaran pers yang diterima detikcom, Rabu (3/12/2025).
Anggoro menambahkan saat ini BSI memberi kesempatan atau ruang berdaya bagi disabilitas untuk bekerja sesuai bidangnya. Saat ini sedikitnya 13 orang pegawai BSI tergolong penyandang disabilitas.
”Kami juga punya UMKM disabilitas binaan bekerja sama dengan BSI Maslahat dan ekosistem BSI Agen. Harapan kami, BSI bisa menjadi sahabat finansial, sosial dan spiritual untuk menjadi mitra bagi seluruh stakeholders dengan layanan inklusif,” imbuhnya.
BSI juga memiliki perhatian kepada penyandang disabilitas dengan setiap tahun menyediakan fasilitas mudik gratis bertepatan menyambut Idul Fitri. Akses kendaraan khusus ini mempermudah para penyandang disabilitas merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman dengan kendaraan khusus.
Layanan menjadi salah satu pondasi penting kami untuk nasabah. Saat ini BSI memiliki berbagai channel komunikasi untuk mendekatkan dengan nasabah dan juga akses informasi yang disampaikan kepada publik melalui www.bankbsi.co.id maupun official media sosial BSI Call 14040, WhatsApp : 081584114040, Media social: Facebook:Bank Syariah Indonesia|Instagram:@banksyariahindonesia;Twitter : @bankbsi_id |@bsihelp| Youtube: Bank Syariah Indonesia.






