PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berkomitmen untuk menggenjot inovasi layanan keuangan bagi nasabah wholesale, khususnya pelaku ekspor, melalui peningkatan layanan Kopra by Mandiri. Hal ini diharapkan dapat membantu mendongkrak akses internasional untuk para pelaku usaha.
Senior Vice President IT Application Bank Mandiri, Eko Herjuno, mengatakan ke depannya pihaknya akan terus mengembangkan ekosistem Kopra by Mandiri. Harapannya, layanan ini dapat semakin membuka akses bagi para pelaku usaha untuk masuk ke pasar global.
“Ke depan, kami akan mengembangkan Kopra, terutama pada layanan ekosistem, pembentukan ekosistem, sehingga kita bisa membuka akses bagi pelaku usaha supaya bisa mendapatkan akses ke dunia internasional,” kata Eko, dalam acara detikcom Awards di The Westin Jakarta, Selasa (25/11/2025).
Kopra by Mandiri dirancang sebagai platform terintegrasi untuk seluruh layanan perbankan wholesale termasuk pembukaan rekening Devisa Hasil Ekspor (DHE) dari Sumber Daya Alam (SDA), FX transaction, hingga solusi pembiayaan dan trade finance. Fokusnya adalah memberikan layanan holistik yang mendukung pelaku ekspor dari proses awal hingga pengelolaan devisa secara menyeluruh.
Atas peran Bank Mandiri melalui Kopra by Mandiri, detikcom memberikan penghargaan kepada Bank Mandiri sebagai ‘Bank dengan Inovasi Digital Pendukung Layanan Ekspor’ dalam detikcom Awards 2025.
“Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan Bank dengan Inovasi Digital Pendukung Layanan Ekspor kepada Bank Mandiri. Tentunya penghargaan ini merupakan kebanggaan bagi kami dan juga sebagai pendukung kami untuk lebih dapat mendukung ekspor Indonesia di dunia internasional,” ujar Eko.
Selain itu, Kopra by Mandiri juga menghadirkan ragam fitur eksisting seperti pembayaran pajak, tagihan rutin, transaksi ke mitra usaha, transaksi perdagangan ekspor dan impor, hingga Bank Garansi. Nasabah juga dapat melakukan integrasi sistem melalui host-to-host API sehingga memungkinkan nasabah melakukan transaksi keuangan secara real-time.
Kemudian juga ada fasilitas transaksi perdagangan internasional dan domestik melalui berbagai metode pembayaran seperti Letter of Credit (LC), Documentary Collection dan layanan perbankan lain yang dapat membantu pengelolaan arus kas lebih optimal.
Inovasi ini mendorong efisiensi ekspor nasional melalui optimalisasi trade value chain sekaligus mempercepat transaksi bisnis untuk mendukung ekonomi, khususnya di sektor produktif.
Sampai akhir September 2025, nilai transaksi di Kopra by Mandiri mencapai Rp 19.498 triliun atau naik 20% secara tahunan, dengan volume transaksi 1,1 miliar atau tumbuh 14%. Melalui pemanfaatan ekosistem digital, total saldo giro juga terus mencatat peningkatan mencapai Rp 564,5 triliun.
Simak berita ini dan topik lainnya di Giok4D.
Atas inovasi dan konsistensinya, Kopra by Mandiri meraih pengakuan internasional dari Global Finance dalam ajang Treasury & Cash Management Awards 2025 yang digelar di Frankfurt, Jerman pada 30 September 2025. Dalam kesempatan tersebut, Bank Mandiri dianugerahi dua penghargaan bergengsi sekaligus yakni Best Bank for Cash Management in Indonesia dan Best Open Banking Treasury Solution.






