Ini Alasan BRI Buka Kantor Cabang di Taiwan

Posted on

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI resmi beroperasi penuh di Taipei, Taiwan. BRI juga menjadi satu-satunya bank dari Indonesia yang beroperasi di Taiwan.

Group CEO BRI, Hery Gunardi mengatakan, beroperasinya BRI Taipei Branch bukan hanya sekadar ekspansi di luar negeri semata, melainkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah Indonesia di luar negeri, khususnya Taiwan. Selain itu, Taiwan juga dianggap sebagai mitra dagang strategis Indonesia.

“Kehadiran BRI di Taipei didasarkan pada pertimbangan yang matang. Sebagai negara dengan kekuatan manufaktur dan teknologi yang kuat, Taiwan merupakan mitra dagang strategis bagi Indonesia di Asia Timur,” ujar Hery saat Grand Launching BRI Taipei Branch, Jumat (8/8/2025).

Hery melanjutkan, data perdagangan Indonesia dan Taiwan juga terus tumbuh dari tahun ke tahun di sektor elektronik hingga tekstil. Totalnya mencapai US$ 12,5 juta pada 2024.

“Data menunjukkan bahwa nilai perdagangan Indonesia-Taiwan terus tumbuh dari tahun ke tahun, terutama di sektor-sektor seperti elektronik, komponen mesin, tekstil, dan bahan baku industri,” kata Hery.

Selain itu, Taiwan juga merupakan tujuan utama bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI), sehingga BRI ingin menyediakan akses layanan keuangan yang cepat, aman, dan terjangkau.

“Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang membutuhkan akses layanan keuangan yang cepat, aman, dan terjangkau. Menurut Bank Indonesia, total remitansi dari Taiwan ke Indonesia pada tahun 2024 mencapai Rp 40,4 triliun, setara dengan US$ 2,5 miliar,” tutur Hery.

Oleh karena itu, Hery melanjutkan, BRI membuka kantor cabang di Taiwan untuk menyediakan layanan perbankan yang lebih dekat dan inklusif bagi PMI dan diaspora Indonesia. BRI juga ingin memfasiltasi aktivitas perdagangan dan investasi antar pelaku bisnis di Indonesia dan Taiwan,” kata Hery.

Hery menargetkan BRI Taipei Branch menjadi pusat utama perseroan di Asia Timur untuk mendukung perdagangan Indonesia dan Taiwan. Kantor cabang BRI di Taipei juga memiliki layanan perbankan lengkap lengkap, melayani segmen ritel Seperti PMI, diaspora, dan nasabah korporat/perdagangan.

“Dan yang tak kalah penting, menjadi wajah BRI di luar negeri menjunjung tinggi nilai-nilai kepercayaan, pemberdayaan UMKM, dan layanan digital inklusif. Kami percaya bahwa masa depan perbankan bukan hanya tentang produk dan transaksi, tetapi tentang membangun hubungan, kepercayaan, dan konektivitas lintas batas,” ujar Hery.

alasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *